Karya Masyarakat Mandiri

AQUA Tanggamus Adakan Pelatihan GAP dan Manajemen Kebun Kopi

TANGGAMUS – Petani Kopi Dampingan Program Pertanian Sehat yang diinisiasi CSR PT Tirta Investama (AQUA) Tanggamus mendapatkan pelatihan Good Agricultural Practices (GAP) dan Manajemen Kebun Kopi Berbasis Konservasi. Pelatihan sebagai peningkatan kapasitas petani kopi penerima manfaat Program Pertanian Sehat Kerjasama CSR PT Tirta Investama Tanggamus – Karya Masyarakat Mandiri (KMM). Acara berlangsung di Desa Datarajan, Kec. Ulubelu, Kab.Tanggamus, Selasa (25/10/2022).

Pelatihan dikemas dengan konsep sekolah alam. Kegiatan dilakukan di area kebun kopi yang merupakan demplot kebun kopi dengan penerapan Regeneratif Agrikultur. Petani mendapatkan materi GAP budidaya kopi dan Manajemen Kebun Regeneratif Agrikultur. Selain itu juga dilakukan tukar pengalaman dan testimoni petani kopi yaitu Supardi, pemilik kebun demplot di Desa Datarajan, Kecamatan Ulubelu, Kab. Tanggamus.

Pelatihan dan benchmark demplot kebun kopi berlangsung selama satu hari diikuti 4 orang petani kopi dampingan dari Desa Kampung Baru. Hadir juga perwakilan dari CSR PT Tirta Investama Tanggamus, Radit dan Pendamping Program Johan Wahyudi. Narasumber Agam Fadlurrohman (Penanggung Jawab Program Regeneratif Agrikultur – KMM) dan Supardi sebagai Praktisi Petani Kopi.

Diharapkan petani kopi penerima manfaat program mendapatkan pengetahuan baru dalam teknis budidaya kopi secara GAP dengan konsep Regeneratif Agrikultur. Sehingga mampu meningkatkan hasil panen kopi sekaligus hasil kebun lainnya melalui pemanfaatan lahan di kebun kopi dengan pola tumpangsari/polikultur. Selain itu yang terpenting bagaimana pengelolaan kebun kopi mereka berbasis Regeneratif Agrikultur. Dengan adanya rorak, tanaman penutup tanah, tanaman pemecah angin, tumpang sari, penggunaan pupuk kompos dan pengurangan pupuk dan pestisida kimia sehingga kebun kopi menjadi ramah lingkungan dan konservatif. (Hikmat)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top