Karya Masyarakat Mandiri

Berkah Limbah Kotoran Sapi Jadi Biogas

CIANJUR – PT. Tirta Investama – AQUA Cianjur memberi pelatihan pengelolaan biogas di Kampung Tabrik Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jumat (8/12). Memanfaatkan limbah kotoran sapi menjadi sumber energi. Melalui program CSR Integrated Farming System kepada Kelompok Tani Gede Lestari, AQUA Cianjur memberikan bantuan berupa instalasi biogas. Instalasi Biogas tersebut memiliki kapasitas sebesar 17 m3. Pada tahap awal ini, dengan instalasi tersebut telah menyalurkan sebanyak 5 titik nyala kompor api.

pelatihan-instalasi-biogasPelatihan pengelolaan biogas disampaikan kepada penerima manfaat dari program CSR AQUA Cianjur oleh narasumber, Aris. Mulai dari cara pengisian instalasi, tata cara menyalakan kompor, perawatan sampai materi tentang kendala yang mungkin saja terjadi serta pencegahan dan penanganannya.

Melalui pelatihan ini, Uden Suherlan selaku Ketua Kelompok memberikan motivasi dan arahan kepada penerima manfaat agar dapat memanfaatkan fasilitas ini secara baik dengan rajin mengontrol dan merawatnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada AQUA Cianjur karena telah konsisten memberikan pendampingan dan manfaat bagi warga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top