Karya Masyarakat Mandiri

Koperasi KSU Al Ghina Cisimeut Adakan RAT Tahun Buku 2022

LEBAK – Koperasi KSU Al Ghina mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Desa Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar, Rabu, 1 Februari 2023. Salah satu penanda sebagai koperasi yang masih aktif. Selain RAT tahun buku 2022, juga dilakukan pemilihan pengurus baru sekaligus pelantikan.

Koperasi KSU Al Ghina merupakan badan hukum koperasi yang dibentuk pada Program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa tahun 2012 di Lebak, Banten atau tepatnya di Desa Cisimeut, Kecamatan Leuwidamar. Program Klaster Mandiri di Lebak berlangsung selama 14 bulan dari April 2011 sampai Maret 2013.  Jumlah pemetik manfaat saat itu 72 KK/396 Jiwa.

Salah satu target dalam setiap program ekonomi Dompet Dhuafa adalah terbentuknya kelembagaan lokal atau koperasi yang diharapkan dapat menjaga keberlanjutan program setelah program beakhir. Badan hukum yang dibentuk adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) Al Ghina sesuai dengan kesepakatan para anggotanya. Keberadaan KSU Al Ghina sangat menguntungkan terutama bagi anggotanya yang saat ini mencapai 100 orang petani. Mereka dapat memperoleh kebutuhan berupa pupuk dan benih (saprotan) dengan harga lebih murah dibandingkan beli di toko pertanian umumnya.

Tahun buku 2022, KSU Al Ghina mencatatkan omset dari usahanya sebasar Rp 800 juta dengan margin bersih sebesar Rp 40 juta. Dalam pengelolaannya KSU Al Ghina beserta anggotanya sudah bersepakat bahwa keuntungan yang utama adalah penyedian barang yang murah, sehingga kegiatan usaha tani mereka dapat terus berjalan dengan lancar. Semoga ikhtiar dan semangat petani Cisimeut mendapat kemudahan dari Allah SWT.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top