Karya Masyarakat Mandiri

KT Gede Lestari Terapkan Pertanian Terintegrasi

CIANJUR – Program Integrated Farming System yaitu sebuah konsep pertanian terintegrasi dengan memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas menjadi salah satu program yang diluncurkan Kelompok Tani (KT) Gede Lestari Desa Gekbrong dengan dukungan dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur, Rabu (27/12/2023).

Program ini menjadi langkah konkrit PT. Tirta Investama Aqua Cianjur dalam mendukung keberlanjutan lingkungan untuk menghasilkan energi bersih terbarukan dan ramah lingkungan.

Hal ini merupakan upaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat yang sudah terbiasa menggunakan sumber energi gas yang bersumber dari gas alam, yang saat ini ketersediaan bahan bakunya semakin berkurang.

Peresmian instalasi biogas dihadiri Kepala Dinas Pertanian Cianjur, BAPPERIDA Cianjur, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Camat Gekbrong, Balai Penyuluh Pertanian Gekbrog, dan Kepala Desa Gekbrong.

Kepala Dinas Pertanian Cianjur, Nurdiyati menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan terhadap program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur yang bermanfaat bagi Kelompok Tani.

Nurdiyati secara simbolis meresmikan instalasi biogas milik KT Gede Lestari di Kp. Tabrik, Gekbrong yang merupakan program CSR Aqua Cainjur.

“Untuk ukuran biogas sendiri mempunyai kapasitas 17 m3 dan telah menyalurkan ke 5 titik nyala api,” tutur Nurdiyati.

Usep Warsono, Manager CSR PT. Tirta Investama Aqua Danone Cianjur menyampaikan, “Ini merupakan komitmen Aqua Cianjur dalam memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar.”

Camat Gekbrong, Dewi Sartika pun menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah mendorong masyarakat, khususnya pertanian sehingga kedepan para petani lebih kreatif lagi.

“Terimakasih kepada pihak- pihak yang telah yang telah mendorong masyarakat tani kami untuk lebih maju, mudah- mudahan dengan dorongan serta support dari berbagai pihak, masyarakat tani kami semakin kreatif,” ucapnya.

Uden Suherlan sekaligus Ketua Kelompok Tani Gede Lestari Sementara mewakili Penerima Manfaat menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Tirta Investama Aqua Cianjur atas program-program yang telah diimplementasikan.

“Terima kasih Ini merupakan program yang sangat bagus dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur bagi kami,” jelas Uden.

Selain acara peresmian instalasi biogas, pada kesempatan tersebut juga diisi dengan acara prosesi pengemasan pupuk produksi kelompok dan pemupukan tanaman.

Pada kesempatan ini hadir dari perwakilan Lembaga Mitra CSR Aqua yaitu Karya Masyarakat Mandiri, Yayasan Konservasi Alam dan Lingkungan serta Negeri Ternak Indonesia.

Melalui kegiatan peresmian yang menghadirkan dari berbagai elemen ini menjadi sarana kolaborasi antar pihak dan bersinergi dalam kebermanfaatan.

Dukungan berkelanjutan dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur telah menggagas Kelompok Tani yang lebih mandiri, meningkatkan kualitas produk pertanian, dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.

Dengan program ini, menjadi salah satu kado akhir tahun dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur kepada masyarakat Cianjur khususnya masyarakat Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top