Karya Masyarakat Mandiri

Pakan Ikan Inovatif dari Maggot, Potensi Program CSR AQUA Plant Ciherang

BOGOR – Permasalahan sampah organik dan anorganik di Indonesia sudah menjadi isu klasik dan perlu penanganan serius. Beberapa pihak sudah mulai tergerak dalam penanganan sampah ini, namun kurangnya dukungan dari berbagai pemangku kepentingan menjadikan pergerakan tersebut terbatas. Padahal jika penanganan sampah dilakukan serius dan berkelanjutan, memberikan banyak keuntungan. AQUA Plant Ciherang membuat program CSR untuk mengatasi permasalahan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Salah satu program yang dibuat yaitu pemanfaatan sampah organik untuk budidaya maggot di Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Program diawali dengan sosialisasi, pembentukan kelompok budidaya hingga pendampingan usaha kelompok. Program sudah berjalan sejak Juli 2022, dan fokus pada penanganan sampah organik baik sampah rumah tangga maupun sampah rumah makan/restoran. Tujuannya mengurangi sampah organik yang bisa mencemari lingkungan, mengolahnya menjadi pakan maggot, dan memperoleh keuntungan ekonomi dari hasil penjualan maggot.

Selama hampir dua tahun berjalan, kelompok budidaya maggot berinovasi mengembangkan produk olahan berupa pellet maggot untuk pakan ikan. Pengolahan maggot menjadi pellet diharapkan meningkatkan nilai ekonomi bagi para kelompok pembudidaya maggot. Pellet yang diproduksi memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan pakan komersial yang diproduksi perusahaan besar. Kandungan nutrisi pellet maggot diklaim hampir serupa dengan pakan komersial. Akan tetapi perlu pengujian lebih lanjut untuk membuktikan hasilnya.

Program penanganan sampah organik menggunakan maggot menjadi salah satu program unggulan dari CSR AQUA Plant Ciherang. Selain memberikan dampak positif bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat, program ini juga memiliki beberapa prestasi berkaitan penanganan isu lingkungan. Salah satu prestasi terbaru yaitu menjadi juara 1 kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jawa Barat yang diadakan pada Agustus 2023. Harapannya kegiatan program tersebut bisa terus berjalan dan bisa memberikan manfaat yang lebih lagi bagi masyarakat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top