pelatihan-ternak-ib-subang

Para Dai Cordoba Dibekali Beternak Domba

Subang – Peserta sekolah dai Dompet Dhuafa belajar beternak domba di kebun Indonesia Berdaya (IB) Subang, Rabu (29/01). Beberapa peserta mengaku baru pertama bertemu dengan domba. Di daerahnya tidak dijumpai. Pendamping program Sentra Ternak Dompet Dhuafa di Subang, Jafar, memberi pengarahan para dai.

Berbagai aspek beternak domba disampaikan kepada peserta. Mulai dari pakan, kesehatan hewan dan pembibitan. Tentang pakan peserta belajar jenis pakan, waktu pemberian dan fermentasi pakan.

Peserta juga diberi teknis pengecekan umur domba dengan melihat susunan gigi dan mencukur bulu domba. Bagian paling seru ketika peserta terlibat dalam proses inseminasi alami. Para dai tampak antusias mengikuti dan terlibat dalam proses beternak domba.

Pembekalan pengetahuan beternak domba akan bermanfaat nantinya, terlebih peserta adalah calon Dai di daerah. Ternak semacam domba atau kambing mudah ditemui di pedesaan. Selain itu, peserta juga telah dibekali teknik untuk mengetahui sehat tidaknya ternak. Sebagai salah satu prasarat ternak sebelum dipotong, baik untuk hewan kurban maupun untuk dikonsumsi. [z1]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.