Karya Masyarakat Mandiri

Rawat Silaturahim, Tim Program KMM Kunjungi Mitra Petani dan Peternak

BOGOR – KMM sebagai lembaga Social Enterprise berkomitment mengembangkan dan merawat jaringan mitra pemasok (eks dampingan program) serta melek terhadap isu pertanian dan peternakan saat ini. Tim Program KMM melakukan kunjungan silaturahim dengan beberapa mitra petani dan peternak eks dampingan program kerjasama Dompet Dhuafa – KMM dan mitra Program Kerjasama CSR AQUA – KMM, 29 Januari – 1 Februari 2024.

silaturahmi-program-2024Tim berkunjung ke Kelompok Ternak Jatisari Makmur Madiun, Koperasi Makmur Sentosa Ponorogo, Kelompok Tani Sumber Makmur Jaya Pasuruan dan Kelompok Petani Sehat Lestari Purbalingga.

Kunjungan diisi dengan temu kangen, diskusi ringan terkait isu pertanian dan peternakan saat ini dirasakan oleh mitra. Pembahasan persiapan rantai pasok agenda tahunan program zakat fitrah dan qurban.

Alhamdulillah kondisi mitra yang dikunjungi semakin berkembang dengan penambahan aset, cakupan luasan lahan, jumlah anggota bahkan ada juga yang mendirikan PT. Seiring dengan pencapaian tersebut tantangan mitra yang dihadapi saat ini semakin besar. Kondisi pertanian misalnya, petani dihadapkan dengan dampak iklim global sehingga musim tanam saat ini mundur akibat musim kemarau yang panjang. Harga pupuk dan keterbatasan pupuk juga masih menjadi masalah bagi petani.

Untuk mitra produksi beras saat ini dihadapkan dengan harga gabah yang semakin naik. Saat kunjungan harga gabah kering giling (GKG) sudah mencapai 8.800 s/d 9.000 per kg, bahkan diprediksi sampai bulan Maret akan terus naik.

Sedangkan kondisi peternakan saat ini dihadapkan dengan keterbatasan stok bakalan doka dan biaya pakan yang cukup tinggi. Peternakan rakyat masih menjadi andalan dalam pengadaan bakalan namun para pelaku usaha ini semakin berkurang karena kurangnya regenerasi peternakan rakyat.

Selain kunjungan ke mitra, tim juga menyempatkan berkunjung ke mantan pendamping program yang saat ini konsen dalam usaha peternakan. Ada usaha personal serta juga yang menjadi pendamping program peternakan di lembaga lain.

Tim Program KMM mendapat sambutan yang baik. Mereka berterimakasih karena merasa diperhatikan serta mendapatkan kehormatan dikunjungi tim. Semoga hasil kunjungan ini berdampak kemaslahatan untuk para petani dan peternak mitra pemasok. (Tim Comdev KMM).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top