Karya Masyarakat Mandiri

SUGIZINDO adakan Pelatihan Barista untuk Pemuda Karang Asem Barat

Bogor – PT Sugizindo bekerjasama dengan PT Karya Masyarakat Mandiri (KMM), merancang program CSR berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat sesuai potensi lokal wilayah setempat. Penguatan sektor Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjadi pilihan fokus program karena mampu menyerap tenaga kerja sekitar perusahaan dan dapat menciptakan alternatif pendapatan keluarga. Selain itu, dilakukan juga peningkatan kapasitas bagi pemuda angkatan kerja dengan tujuan untuk memberikan hard skill yang bisa bermanfaat untuk memperoleh penghasilan sehingga bisa mengurangi ketergantungan terhadap lowongan kerja di perusahaan.

Pelatihan barista salah satu kegiatan program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda angkatan kerja untuk menjadi barista profesional sehingga dapat bersaing di dunia kerja maupun usaha. Pelatihan barista diselenggarakan di Madaya Caffee, Kemang, Bogor, Sabtu (4/11) dihadiri 10 orang peserta yang berasal dari anggota Karang Taruna RW 05, Kelurahan Karang Asem Barat, Citeureup, Bogor.

Para peserta diberikan pengajaran langsung oleh barista berpengalaman bersertifikat BNSP dari Madaya Caffee. Dalam sesi pelatihan, peserta diajari pengetahuan tentang berbagai teknik meracik kopi, mulai dari pemilihan biji kopi, pengecilan bubuk kopi, proses ekstraksi, hingga cara penyajian kopi yang nikmat. Peserta juga diperkenalkan beragam jenis biji kopi dari berbagai daerah, menggali pengetahuan tentang perbedaan rasa dan karakteristik unik masing-masing kopi.

“Pelatihan ini sangat seru, banyak pelajaran serta ilmu yang penting yang bisa didapat, dan semoga saya bisa menjalankan usaha kedai kopi secara profesional,” kata Rizki, peserta pelatihan.

Selain diberikan pengetahuan tentang kopi, para peserta juga mendapat kesempatan untuk praktik pembuatan kopi manual brew dan espresso based. Mulai dari peralatan yang digunakan, hingga teknik pembuatannya. Kedua jenis teknik tersebut bisa menghasilkan banyak menu yang bisa disajikan di kedai kopi.

“Sangat senang sekali bagi saya karena dari yang sebelumnya tidak tahu apa-apa tentang kopi, jadi lebih memahami dan tahu lebih banyak tentang kopi. Selain itu, pada sesi pelatihan ini juga kita belajar meracik kopi dengan cara yang belum pernah saya lakukan. Saya yakin pengalaman ini bisa bermanfaat bagi saya di masa depan. Semoga ada pelatihan lanjutannya,” kata Rosa, peserta pelatihan.

Dalam sesi pelatihan, peserta juga dianjurkan untuk menjadi barista yang memiliki attitude yang baik. Barista harus rapih, bersih, disiplin, serta bertanggung jawab. Barista juga perlu bersikap sopan dan santun kepada konsumen atau pelanggannya.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini dan akan menjadi Barista yang bertanggung jawab. Semoga bisa sukses untuk kedepannya,” kata Nurhaman, peserta pelatihan.

Harapannya pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan peserta dalam meracik kopi, tetapi juga membuka pintu rezeki bagi pemuda angkatan kerja di wilayah PT Sugizindo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top