Tingkatkan Kapasitas Petani Cabai, BI Lampung adakan Pelatihan Agribisnis & Kewirausahaan

PRINGSEWU – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Lampung mengadakan kegiatan bantuan teknis, Pelatihan Agribisnis dan Kewirausahaan untuk kelompok petani cabai Kabupaten Pringsewu, Kamis (18/10/2018). Pelaksanaan didampingi Karya Masyarakat Mandiri – Dompet Dhuafa, mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu. Hadir pada acara pimpinan Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, Kabag Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu.

Pelatihan Agribisnis dan Kewirausahaan bertujuan memberikan pemahaman kepada petani cabai arti penting perencanaan bisnis sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan usaha. Endrianto, Ketua Koperasi Kakao Jaya, selaku narasumber, memberikan penjelasan kepada petani secara praktis dan diperkuat dengan pengalaman dalam menjalankan kegiatan usaha kelompok.

Sejumlah 30 petani yang hadir dari perwakilan 5 kecamatan di Kabupaten Pringsewu, mengakui bahwa keunggulan petani cabai selama ini baru pada aspek budidaya, sementara dalam aspek agribisnis secara umum, masih perlu pendampingan. Kegiatan pelatihan seperti ini termasuk yang dibutuhkan.

“Menjalankan kegiatan usaha kelompok yang tersebar di 5 kecamatan, menjadi tantangan tersendiri, penjelasan yang disampaikan pemateri sangat membantu kelompok dalam menjalankan kegiatan usaha ke depan,” tambah Sumpeno, ketua kelompok petani cabai.

Hilma Wira, Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, menyampaikan harapannya kepada petani agar dapat memaksimalkan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang saat ini sedang berjalan. Dengan kegiatan ini diharapkan kelompok petani cabai menjadi kelompok yang solid, kuat, sehingga mampu mensejahterakan anggotanya (petani cabai). [ade]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.