Upaya BI Jaga Harga Cabai

Kubu Raya – Kantor perwakilan BI provinsi Kalbar mensosialisasikan program pengembangan klaster cabai di Desa Sungai Kakap, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Senin (13/08/2018). Kegiatan dihadiri 55 peserta dari petani cabai, aparat pemerintahan, dinas pertanian dan terkait dari kabupaten KubuRaya dan provinsi Kalimantan Barat.

Rangkaian acara diawali sambutan dari panitia, perwakilan petani, serta pengenalan dan gambaran umum program dari Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa. Sosialisasi program oleh Kepala Kantor Perwakilan B.I provinsi Kalbar, Priyono, S.E, M.BA. Beliau menyampaikan, “Salah satu tujuan program yang ingin dicapai adalah menjaga stabilitas harga cabai, melalui 2 strategi program yakni menyiapkan produk turunan cabai dan pemasarannya (sebagai antisipasi saat harga cabai rendah) dan strategi mengupayakan penanaman cabai diluar musim cabai (sebagai upaya menjaga stock cabai agar tidak melonjak tinggi).”

Tanggapan positif dari aparat pemerintahan dan dinas terkait sehingga menjadi program yang bisa diintegrasikan. Dinas Ketahanan Pangan, misalnya memiliki program tanaman pekarangan, untuk kemandirian dan kesejahteraan keluarga. Salah satu jenis tanaman yang ditanam adalah cabai. Demikian halnya BPPT dengan program pendampingan teknologi tanaman cabai, yang berlokasi di Kabupaten Kubu Raya. Semuanya siap bersinergi dan berkontribusi dalam aktivitas program.

Semoga upaya yang dilakukan Bank Indonesia menjadi awal yang baik untuk petani dan perekonomian masyarakat. [ADE]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.