Pelatihan Teknologi Tepat Guna di Desa Tanjung Pasir

Besarnya potensi perikanan di Desa Tanjung Pasir yang belum banyak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat menjadi salah satu perhatian utama Masyarakat Mandiri – Dompet Dhuafa dan Yayasan Yarsi dalam menjalankan program pemberdayaan nelayan Desa Tanjung Pasir. Program yang telah berjalan lebih dari 6 bulan ini telah membentuk 7 kelompok dengan mitra sebanyak 55 mitra, yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang menjalankan usaha pembuatan produk perikanan.

Usaha yang dijalankan oleh mitra masih dilakukan dalam skala rumah tangga dengan pengetahuan dan cara pengolahan yang sederhana, sehingga mitra perlu diberikan bekal tambahan agar dapat menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasar. Pada tanggal 4 Mei 2013 bertempat di Rumah Produksi SIKIB, Masyarakat Mandiri – Dompet Dhuafa mengadakan pelatihan teknologi tepat guna untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam membuat produk perikanan berupa abon dan kerupuk ikan.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi dan praktek pembuatan kerupuk dan abon ikan. Kegiatan ini dibuka oleh Siti Mariya selaku ketua ISM Usaha Jaya Mandiri yang berperan sebagai lembaga lokal yang akan menjadi payung dari kelompok-kelompok usaha yang terbentuk di Desa Tanjung Pasir. Selain itu juga ada sambutan dari Sersan Mayor Budi Santoso sebagai perwakilan dari TNI AL yang menjadi tuan rumah pada pelatihan kali ini.

Para peserta yang berjumlah 19 orang terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, walaupun sebelumnya harus menunggu datangnya pelatih ke tempat pelatihan. Hasil organoleptik yang dilakukan oleh peserta dan PHL TNI AL memperlihatkan produk yang dihasilkan oleh mitra dari pelatihan ini lebih baik dibandingkan dengan produk yang mereka buat sebelumnya. Kehadiran pelatih yang telah lama menjalani usaha pengolahan produk perikanan dalam pelatihan ini juga membagikan pengalamannya dalam hal pengemasan dan pelabelan produk, sehingga kemasan dari produk yang ada menjadi lebih menarik konsumen. Akhirnya kegiatan ini ditutup bersamaan dengan kumandang adzan asar dan para peserta pun kembali ke rumah masing-masing setelah sesi foto bersama.

{fcomment}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan